Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sistem Pendidikan dan Kebudayaan Jepang

Mengenal Sistem Pendidikan dan Kebudayaan Jepang

Mengenal Sistem Pendidikan dan Kebudayaan Jepang. Sebagai negara maju di Asia, sistem pendidikan Jepang tentunya sangat kompetitif. Karenanya lumayan banyak siswa-siswi dari luar Jepang yang berniat menuntut ilmu di sekolah-sekolah Jepang yang memiliki standardisasi sangat terukur dan teruji. Kualitas anak-anak di Jepang juga sangat luar biasa. 




Mereka menempati urutan keenam di dunia dalam hal tingkat pengetahuan dan keterampilan anak Jepang usia 15 tahun. Bisa dibayangkan seberapa hebatnya sistem pendidikan dan potensi anak-anak Jepang usia produktif. Tak heran, Jepang merupakan negara maju di bidang industri elektronik dan komputer dimana menguasai hampir semua pangsa pasar di dunia.

Pendidikan Jepang

Untuk sistem pendidikan tingginya sendiri pertama kali diperkenalkan sejak Restorasi Meiji ditetapkan pada tahun 1872. Lanjut pada medio 1950, pemerintahan Jepang mewajibkan program wajib belajar 9 tahun bagi setiap warga Jepang dari usia 6 sampai 15 tahun. Meski diwajibkan sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja namun mayoritas murid di Jepang kemudian melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Data juga menyebutkan bahwa sekitar 76% lulusan sekolah atas Jepang kemudian melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi.


Kebudayaan Jepang

Pada awalnya, kebudayaan Jepang banyak dipengaruhi oleh berbagai kultur budaya dari luar, terutama dari China. Kemudian gabungan tradisi dari Yunani dan India ikut memengaruhi kesenian dan tingkat keagamaan di Jepang yang terjadi pada abad ke-6 Masehi. Kemudian sejak abad ke-1, pengaruh kebudayaan dari Eropa terlihat begitu menonjol, dan disusul oleh adanya pengaruh budaya dari Amerika Serikat yang mendominasi Jepang pasca berakhirnya Perang Dunia II. Dalam perkembangan selanjutnya, Jepang mengembangkan budayanya sendiri yang orisinal seperti dalam hal seni, kerajinan tangan, tradisi, boneka, maupun dalam hal makanan.


Namun kini, Jepang sudah mampu mengekspor budaya pop terbesar ke berbagai penjuru dunia mulai dari Anime, Manga, Film, Kesusasteraan, musik Jepang, game video dan hebatnya cukup mendapatkan sambutan antusias dari berbagai negara di dunia. Kaum muda-mudi Jepang terlihat sangat imajinatif dan atraktif dalam menciptakan tren dan mode baru untuk kemudian ditularkan ke negara-negara lainnya yang juga tertarik dengan tren yang mereka ciptakan  dan bangun. Bahkan baru-baru ini, Jepang mengekspor komoditas budaya yang sangat bernilai yakni olahragawan. Maka, Jepang memang menginspirasi dan hebat.


Bagaimana minasan apakah sudah jelas jadi jika ada pertanyaan atau pun sesuatu yang belum jelas silahkan bertanya dikolom komentar. Terima Kasih Ganbattekudasai

Post a Comment for "Mengenal Sistem Pendidikan dan Kebudayaan Jepang"