Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Magang Jepang Negeri Swasta

Program Magang Jepang Negeri Swasta


Program Magang Jepang Negeri Swasta. Jepang adalah negara yang dikenal dengan teknologinya yang sangat maju, sebagai negara penghasil industri otomotif, elektronik terbesar didunia, selain itu jepang dikenal dengan animasi nya yang sering kita kenal anime. Pasti minasan juga sudah tau mungkin hal yang selain yang saya sebutin diatas tentang jepang. Apakah minasan mempunyai minat untuk mengenal tentang negara jepang secara langsung, berdasarkan pengalaman saya, saya akan memberikan tips supaya minasan bisa mengenal negara jepang secara langsung menjadi Kenshusei (Peserta Magang) lewat jalur Negeri (IM JAPAN) atau Swasta.  




Program Magang Jepang

Program Magang Jepang yaitu program bekerja sambil belajar di jepang. Program ini berlangsung selama 3 tahun serta bisa diperpanjang selama 5 tahun. Pada setiap tahun nya akan diselenggarakan ujian kemampuan yang sesuai dengan bidang atau jenis kerjanya, jika dinyatakan LULUS maka peserta bisa melanjutkan ke tahun berikutnya.

Jepang terkenal dengan kedisiplinan waktu, etos kerja yang sangat luar biasa, serta penduduknya yang sangat patuh terhadap peraturan. Jadi banyak yang harus minasan persiapkan sebelum daftar untuk menjadi kenshusei (peserta magang). tes dalam seleksi untuk menjadi kenshusei itu ada beberapa tahap secara garis besar dan terkadang tahapan tersebut kadang ada juga kadang tidak ada tergantung pihak penyelenggara seleksi program magang jepang. simak sebagai berikut :


Proses Seleksi Program Magang Jepang

① Tes Kesamptaan

Tes Kesamaptaan Merupakan tes anggota badan, tes ini merupakan awal dari serangkaian tes yang akan dijalani oleh para calon peserta magang. tips agar lolos dalam tes ini yaitu pada saat tes pastikan bahwa minasan tidak mempunyai penyakit (Paru, TBC, Hepatitis, Mata Minus / Silinder, dll) serta tidak memiliki riwayat patah tulang.

② Tes Bahasa Jepang

Tes Bahasa Jepang. Tes bahasa jepang ini setara level N5 sampai N4. Tes bahasa jepang nya meliputi menulis huruf hiragana katakana, kosakata benda, sifat, kerja, pola kalimat, terkadang huruf kanji. Sebelum minasan menjadi peserta magang maka minasan wajib mengikuti pembelajaran bahasa jepang, kursus bahasa jepang bisa melalui LPK atau belajar mandiri dengan memanfaatkan teknologi internet seperti di website tulisan-nihongo, youtube, aplikasi dll.

③ Tes Matematika

Tes Matematika ini merupakan hanya tes matematika dasar. kurang lebih nanti soal - soalnya seperti perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan, luas / keliling bangun datar, luas / keliling bangun ruang. dll

④ Tes Fisik

Tes Fisik meliputi lari, push up, sit up. yang masing - masing memiliki batasan waktu serta jumlah yang ditentukan.

⑤ Tes Wawancara

Tes Wawancara merupakan tes akhir dari program magang jepang, pada tes ini yang sangat menentukan apakah minasan bisa lolos masuk ke perusahaan penerima atau tidaknya.

 

Tips Lolos Seleksi Program Magang Jepang

Supaya minasan dapat mewati tahapan - tahapan diatas tulisan nihongo memiliki tips supaya lulus seleksi menjadi kenshusei. Jaa hajimemashou :

① Bisa Berbahasa Jepang

Karena didalam dunia kerja itu sangat diperlukan sekali komunikasi, maka dari itu minasan cara belajarnya bisa di LPK, atau belajar mandiri melalui youtube, anime, film drama jepang dan google

② Siapkan Mental dan Fisik

Dijepang mental dan fisik sangat berpengaruh buat adaptasi di negara jepang. Karena dijepang kita hidup mandiri jauh dari orang tua, jauh dari rumah. Lalu dijepang memiliki 4 musim yang berbeda, yang masing-masing musim nya sangat jauh berbeda dengan yang di negara kita.

③ Semangat Pantang Menyerah

Disaat proses seleksi minasan akan mengalami tekanan, beban fikiran lalu jika minasan mengalami kesulitan dalam proses menuju jepang maka jangan mudah putus asa, semua kesulitan pasti ada kemudahan, kegagalan bukan akhir dari segalanya. kesempatan untuk pergi ke jepang itu jalurnya banyak sekali, bisa kenshusei, tokutei ginou, pelajar, engginer, dll. Maka dari itu tanamkan di diri minasan “banyak jalan untuk menuju jepang”.

④ Berdoa dan Minta Restu Kepada Orang Tua

Segala usaha tanpa doa itu tiada artinya. Untuk itu minasan dalam proses menuju ke jepang, banyak-banyak berdoa dan disertai usaha yang seimbang. serta jangan lupa untuk meminta doa restu kepada kedua orang tua.


Bagaimana minasan apakah sudah cukup jelas,? Jika ada ada yang ditanyakan silahkan lewat Komentar atau via email. Terima Kasih.

Post a Comment for "Program Magang Jepang Negeri Swasta"