Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Horenso「ほうれんそう」 Etos Kerja Di Jepang

Penjelasan Horenso「ほうれんそう」 Etos Kerja Di Jepang

Penjelasan Horenso「ほうれんそう」 Etos Kerja Di Jepang. Minasan sudah tau apa itu Horenso「ほうれんそう」. .? Pasti dari minasan ingin mengetahui apa sebenarnya arti dari Horenso「ほうれんそう」di dalam etos kerja orang jepang. Horenso「ほうれんそう」merupakan singkatan dari bahasa Jepang dibentuk dari tiga kosakata yaitu :




Penjelasan Horenso「ほうれんそう」


  • 「ほうこく」Hookoku Artinya Laporan 
  • 「れんらく」Renraku Artinya Informasi 
  • 「そうだん」Soodan Artinya Musyawarah


Horenso 「ほうれんそう」 digunakan di lingkungan pabrik atau perusahaan di Jepang maupun pabrik atau perusahaan jepang yang ada di indonesia. sampai saat ini hampir keseluruhan pabrik jepang menerapkan prinsip tersebut, termasuk pabrik atau perusahaan di Indonesia. tujuannya yaitu untuk menciptakan lingkungan kerja dimana segala informasi tersampaikan dengan cepat dan benar, serta setiap kemajuan atau kemunduran suatu aktivitas bisa diketahui oleh banyak orang karena adanya laporan yang intensif (rutin).


Ada beberapa faktor kenapa Horenso 「ほうれんそう」 ini digunakan oleh orang jepang dalam membangun etos kerja yang baik, semisal : human error atau kesalahan manusia. penyebab human error yaitu lupa, tidak mengerti, tidak faham dengan perintah. untuk mengatasinya diperlukan suatu pola komunikasi yang intensif, sehingga lahirlah Horenso 「ほうれんそう」. selanjutnya mari kita bahas satu persatu mulai dari :


「ほうこく」Hookoku

Merupakan pelaporan suatu kegiatan atau tugas yg diberikan kepada minasan. jadi semisal : minasan diberi perintah sama atasan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dan pekerjaan tersebut minasan kerjakan dengan baik maupun kurang baik atau bahkan buruk, maka minasan harus tetap melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan. 


「れんらく」Renraku

Merupakan komunikasi seluruh pegawai perusahaan baik itu yang memiliki jabatan paling tinggi hingga yang paling rendah supaya bisa memberikan informasi secara jelas. jadi semisal : minasan bekerja di pembuatan suku cadang mobil, meskipun minasan bekerja di bagian quality control minasan tetap harus menjalin komunikasi dengan line - line atau bagian - bagian yang lain di dalam pabrik atau persusahaan. supaya kalau ada kesalahan dalam pembuatan produk, tidak terjadi saling menyalahkan di antara sesama pekerja atau antara line - line yang ada di dalam pabrik atau perusahaan.


「そうだん」Soodan

Merupakan musyawarah apabila terjadi suatu masalah di dalam pekerjaan atau musyawarah di dalam memberikan ide-ide atau gagasan yang baru untuk perusahaan. jadi semisal : minasan mengalami masalah dalam pembuatan produk, jadi yang minasan perlukan yaitu musyawarah dengan leader atau atasan yang lain untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut. 


Kesimpulan Horenso「ほうれんそう」

Jadi minasan disaat bekerja di indonesia atau di tempat mana pun. maka minasan harus memiliki etos kerja Horenso「ほうれんそう」. karena didalam bekerja itu kita membawa nama perusahaan dan kepercayaan perusahaan yang telah diberikan ke kita. oleh karena itu jaga kepercayaan itu dengan baik, meskipun kita membuat kesalahan sekecil apapun ingat "jujurlah walapun itu pahit". dan ketika minasan belum mengerti dengan perintah atau dengan penjelasan yang diberikan oleh atasan maka jangan sekali-kali bilang "ya, saya sudah faham" itu sangat fatal karena kalau minasan belum faham bisa merugikan diri sendiri, orang lain dan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan kerja. maka bertanyalah sampai minasan faham dengan perintah maupun dengan penjelasan nya. jika minasan ingin menambahkan informasi tentang hourenso silahkan tulis di kolom komentar. Terima Kasih Ganbattekudasai                                                                                                                                                                                                                     


Post a Comment for "Penjelasan Horenso「ほうれんそう」 Etos Kerja Di Jepang"